Bakal Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0, Ratusan Mahasiswa Universitas Terbuka Terima Ijazah

Katuju.id – Universitas Terbuka (UT) Kalimantan Timur menggelar Upacara Penyerahan Ijazah Univesitas Terbuka Kalimantan Timur Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana kepada 547 wisudawan dan wisudawati.

Direktur UT Kaltim, Drs Rusna Ristasa MPd, memimpin langsung penyerahan ijazah yang berlangsung di Ballroom Hotel Mesra, Jalan Bhayangkara, Selasa (30/7).

Mengangkat tema “Membangun Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Inovatif pada Era Industri 4.0”. Rusna berharap lulusan bisa mengambil peran yang strategis dalam setiap pengisian percepatan pembangunan khususnya di era revolusi industri 4.0.

“Keberhasilan dari modal SDM, dengan revolusi yang saat ini, diharapkan mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 ini,” kata Rusna dalam sambutannya.

Direktur UT Kaltim, Drs Rusna Ristasa MPd secara simbolis menyerakan ijazah kepada mahasiswa UT dalam upacara kelulusan yang digelar Selasa (30/7) pagi.

Dengan demikian, kata dia lagi alumni bisa menang dan berhasil dalam persaingan bebas ini. Salah satunya bisa beradaptasi, bersaing dan belajar dengan cepat.

Apalagi UT telah meluluskan 1.750.000 wisudawan pada jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana berprestasi dan terbaik yang diharapkan mampu menghadapi Era Industri 4.0 dan memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital, dan dari jumlah tersebut, 131.250  wisudawan berprestasi dan terbaik  tersebut berasal dari UT-Samarinda.

“Semoga para lulusan yang tidak hanya kreatif dan inovatif, tetapi juga memiliki kemampuan teknis yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Menjadi bagian dari SDM Kalimantan Timur yang unggul, kreatif, dan Inovatif serta adaptif terhadap perubahan, sehingga provinsi Kalimantan Timur mampu bersaing secara global di Era Industri 4.0.,” tekan Rusna lagi.

Sementara itu dikesempatan sama, Dekan UT Pusat, Fakultas Ekonomi, Ali Muktiyanto menyampaikan tercatat lebih dari 80 persen pemerintah daerah yang telah menandatangani nota kesepahaman.

Dalam kerjasama tersebut, Universitas Terbuka diminta untuk membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan sumberdaya yang unggul, tidak gagap teknologi, tangkas, keatif, dan inovatif dalam memberikan pelayanan pada era industri 4.0. Ini menunjukkan peningkatan academic trust dari stakeholder terhadap UT.

Kerjasama dengan Pemda yang telah terjalin, tentunya mempermudah jangkauan UT dalam melayani masyarakat di wilayah perdesaan. Oleh karena itu, UT siap membantu Kementerian.

Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), dalam meningkatkan kualitas SDM aparatur desa beserta lembaga swadaya masyarakat di tingkat desa, dalam rangka mempersiapkan aparatur desa di era industri 4.0.

“Pada kesempatan ini, kami atas nama UT sangat mengapresiasi komitmen Bapak Menteri dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan Pembangunan Desa pada 74.754 desa di seluruh Indonesia, melalui berbagai program kerja yang kreatif dan inovatif,” ucapnya.

Mengingat desa merupakan basis strategis dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Komitmen inilah yang terus didorong oleh Kemendes PDTT untuk men-sinergikan Perencanaan Pembangunan Desa melalui Inovasi Desa dalam Akademik Desa era Industri 4.0.

diambil dari katuju.id

Rahmadhani