TUJUAN PENDIRIAN UT

UT didirikan dengan tujuan:
 
memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi;
memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka;
mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

Sejarah Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana.

ut belajar

Sistem Registrasi

Registrasi Langsung di UPBJJ-UT: Mahasiswa datang langsung ke UPBJJ-UT dengan membawa semua berkas persyaratan yang ditetapkan. Registrasi Online : melalui Sistem Registrasi Online (SRO). pada laman SRO pada alamat http://sro.ut.ac.id. Registrasi Keliling : Mahasiswa melakukan registrasi di tempat-tempat registrasi keliling yang telah ditetapkan.
laman lengkap : http://www.ut.ac.id/sistem-registrasi

Sistem Pembelajaran

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).
laman lengkap http://www.ut.ac.id/sistem-pembelajaran

Evaluasi Hasil Belajar

Hasil belajar mahasiswa UT diukur melalui Ujian Akhir Semester (UAS), pengerjaan tugas dan partisipasi dalam kegiatan TTM atau Tuton, Praktik atau Praktikum, Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah dan ujian sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM)/Tesis khusus untuk Program Pascasarjana.