Telah dibuka Pendaftaran pendaftaran (Admisi) calon mahasiswa baru Magister tahap I Masa Registrasi (2017/2018.1) mulai dibuka pada tanggal 13 Maret 2017 sampai dengan 05 April 2017 dan Tes masuk Tahap I dijadwalkan tanggal 06 Mei 2017, lebih lengkap cek kalender akademik disini. Program magister Universitas Terbuka yang kami tawarkan sebagai berikut :

1. Magister Ilmu Administrasi (Akreditasi "B")

- Bidang Minat Administrasi Publik (MAP) (Reguler & Fully Online)

2. Magister Manajemen (Akreditasi "B")

- Bidang Minat Manajemen Keuangan (Reguler & Fully Online)

- Bidang Minat Manajemen Pemasaran (Reguler)

- Bidang Minat Manajemen Sumber Daya Manusia (Reguler & Fully Online)

- Bidang Minat Manajemen Pendidikan (Reguler)

3. Magister Ilmu Kelautan (Akreditasi "B")

- Bidang Minat Manajemen Perikanan (Reguler & Fully Online)

4. Magister Pendidikan Matematika (Reguler & Fully Online) (Akreditasi "B")

5. Magister Pendidikan Dasar (Reguler) (Akreditasi "B")

1. Persyaratan Calon Mahasiswa

a. Foto Ukuran 3x4 cm (file dalam format Jpeg dengan Ukuran Maksimum 512kb)

b. Ijazah terakhir (Minimal S1/D-IV sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh masing- masing program)

c. Khusus untuk calon mahasiswa Magister Pendidikan Dasar (MPDr)

- SK menjadi guru dari dinas pendidikan atau yayasan, sedangkan SK menjadi pengelola/ pengawas sakolah dari dinas pendidikan.

- Sertifikat Akta Mengajar

d. Kartu identitas (KTP atau SIM)

e. Khusus untuk calon mahasiswa Program Magister Online, harus mengunggah Portofolio Pendaftaran dan tulisan artikel ilmiah atau makalah karya sendiri sesuai bidang ilmu sebanyak 7-12 halaman, spasi 1,5, font 12, type Times New Roman. Format portofolio dapat diunduh di laman http://sro.ut.ac.id/# pada menu Program Online

f. Toefl minimal 450

g. Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (khusus untuk program Online)

h. Surat pernyataan Kebenaran/ Dokumen

i. Formulir isian Pasphoto, Sidik jari, dan Tanda Tangan

Catatan :1. Untuk poin B sampai I, file dalam bentuk format Pdf dengan ukuran maksimal 512kb

2. Selain mengunggah persyaratan diatas admisi di atas, calon mahasiswa juga harus mengirimkan berkas persyaratan ke UPBJJ-UT setempat 


2. Tata Cara

Untuk Admisi,calon mahasiswa harus melakukan hal- hal sebagai berikut

1. Mengisi data admisi secara online di laman Registrasi Online.

a) Masuk ke http://sro.ut.ac.id/pps/. Untuk mengetahui alur pengisian data, klik "Informasi"

b) Klik di bagian "admisi" untuk melakukan pengisian formulir admisi.

c) Wajib membuka email pribadi yang digunakan saat admisi untuk mengaktivasi data yang telah diisikan. Aktivasi dilakukan dengan cara mengklik di bagian "Link Aktivasi" yang ada di email anda

d) Setelah melakukan aktivasi, calon mahasiswa harus melakukan "Login" dengan nomor akun dan "Password" yang telah dikirim

e) Setelah "Login Admisi"calon mahasiswa mengisi "Data Pribadi Pendaftar", yang merupakan pencatatan data pribadi calon mahasiswa baru dan pengunggahan berkas yang dipersyaratkan oleh program yang dipilih dan mengunggah persyaratan yang diminta.

2. Menunggu data yang telah diisikan diverifikasi oleh petugas di UPBJJ-UT penyelenggara

3. Apabila data yang telah diisikan telah diverifikasi oleh petugas di UPBJJ-UT, maka peserta akan menerima konfirmasi pembayaran pada aplikasi SRS di laman Registrasi Online dan Email

4. Mencetak Lembar Informasi Pembayaran (LIP) biaya admisi program magister online

5. Melakukan pembayaran biaya admisi di Bank/ ATM BRI,Mandiri dan BTN maupun Alfamidi

 

6. Setelah calon mahasiswa yang mengambil program magister reguler melakukan pembayaran, calon mahasiswa dapat mencetak kartu peserta tes masuk, sedangkan bagi calon mahasiswa yang memilih program Magister Online, hanya menunggu pengumuman hasil saringan masuk.