OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa UT adalah:

  1. Mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ - UT Samarinda dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ - UT secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidika n yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai - nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma - norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ - UT yang nyaman, tertib, dan dinamis.
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang da lam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

OSMB kali ini diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 1 April 2017 bertempat di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda dihadiri oleh 230 mahasiswa dan mengundangn Wali Kota Samarinda dalam hal ini di wakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Akhmad Hidayat.

Materi OSMB bisa di-download melalui link berikut:

  1. Registrasi dan Pengujian
  2. BBLBA
  3. Panduan Regiatrasi Online dan TBO
  4. Tutorial Online