Profil UPBJJ-UT Samarinda

Berdasarkan Rencana Strategis Universitas Terbuka (Renstra-UT) dan Rencana Operasional Universitas Terbuka (Renop-UT) serta Statuta UT, visi dan misi serta tujuan UPBJJ-UT Samarinda dijabarkan sebagai berikut.

Dalam menyelenggarakan tugas tersebut UPBJJ-UT mempunyai fungsi pokok yaitu:

  1. Melaksanakan kegiatan administrasi dan humas serta promosi yang di koordinasi oleh Ka. Subbag. Tata Usaha. Melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi akademik yang meliputi kegiatan registrasi dan pengujian. Kegiatan ini tidak dilakukan secara bersamaan tetapi sangat berkaitan dan berkesinambungan. Oleh karena itu dapat dikoordinasi oleh satu orang koordinator. Jika beban kerja UPBJJ-UT meningkat karena perubahan jumlah mahasiswa, UPBJJ-UT dapat memecahnya menjadi dua yaitu koodinator registrasi dan koordinator pengujian.
  2. Melaksanakan kegiatan pelayanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar yang meliputi pelaksanaan tutorial dan ekstrakurikuler. Pelaksanaan tutorial di masa yang akan datang diharapkan volumenya akan meningkat yaitu dengan adanya kebijakan baru tentang tutorial dengan rancangan khusus, kegiatan ini cukup dikoordinasi oleh seorang koordinator.
  3. Mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi. Fungsi ini adalah wewenang Kepala UPBJJ-UT yang akan menjadi tidak efektif jika didelegasikan kepada koordinator atau staf lainnya.

Visi UPBJJ-UT Samarinda:

Menjadi UPBJJ-UT yang berkualitas dalam bidang Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) untuk membantu mewujudkan Universitas Terbuka sebagai salah satu institusi PTJJ unggulan di antara institusi PTJJ di Asia 2010 dan di dunia 2020.

Misi UPBJJ-UT Samarinda:

Memperluas kesempatan belajar bagi masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas melalui Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ).

  1. Meningkatkan efektivitas pembelajaran rnelalui layanan bantuan belajar.
  2. Memastikan kompetensi lulusan melalui evaluasi proses dan hasil belajar yang akurat.
  3. Meningkatkan kemitraan dengan instansi terkait guna mewujudkan masyarakat yang berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
  4. Menyebarluaskan dan berbagi informasi tentang PTJJ.

Tujuan

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, UPBJJ-UT Samarinda menjabarkan dalam sembilan tujuan yaitu sebagai berikut.

  1. Menawarkan berbagai program pendidikan yang bermutu pada jenjang pendidikan tinggi dengan menggunakan SPJJ yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.
  2. Menghasilkan bahan ajar tingkat pendidikan tinggi yang bermutu dalam bentuk beragam media.
  3. Menawarkan berbagai bentuk layanan bantuan belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusan.
  4. Menyelenggarakan evaluasi proses dan hasil belajar yang handal.
  5. Menggalang kerjasama dan jaringan kemitraan dengan berbagai institusi pada tingkat lokal, nasional, dan global.
  6. Memanfaatkan berbagai teknologi termasuk teknologi komunikasi dan informasi dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan penyebaran hasil penelitian
  7. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam SIstem Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ), khususnya PTJJ, dan bidang keilmuan lainnya.
  8. Mengembangkan SDM yang kompeten dalam SPJJ, khususnya PTJJ, dan bidang keilmuan lainnya.
  9. Melakukan penelitian dalam SPJJ, khususnya PTJJ, dan bidang keilmuan lainnya serta menyebarkan hasil penelitian secara inovatif dan berkelanjutan.