Profil UT

Sejarah Universitas Terbuka, Visi dan Misi, Rencana Strategis, Struktur Organisasi, Jaminan Kualitas

Visi dan Misi

ALL:

Pada tahun 2021 UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ.

 

MISI:

Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.

Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ

Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan Nasional

Rencana Strategis

Ilustrasi Cover Renstra UT Renop 2014 2017Renstra UT 2010-2021 dan Renop 2014-2017 ini memuat hasil analisis eksternal dan internal UT; visi, misi, dan tujuan; serta asas, profil UT tahun 2021, dan sasaran strategis UT terkait dengan sasaran dan tahapan pencapaian target dalam bidang akademik, daya jangkau, dan tata kelola. Hal-hal baru dalam Renstra dan Renop UT ini di antaranya terletak pada penambahan sasaran berupa: kegiatan kemahasiswaan, diversifikasi sumber pendapatan selain biaya pendidikan, upaya mendekatkan layanan kepada mahasiswa, serta pengukuran indeks kepuasan mahasiswa dan pemangku kepentingan. Secara keseluruhan, berbagai upaya dan penetapan sasaran strategis dalam dokumen ini mencerminkan fokus UT ke depan dalam kerangka perbaikan untuk aspek-aspek yang masih lemah, peningkatan kualitas aspek-aspek yang sudah berjalan baik, dan pengembangan hal-hal baru yang dapat menempatkan dan sekaligus mengokohkan UT pada tahun 2021 sesuai Visi yang diembannya.

Struktur Organisasi

Struktur lengkap UT yang berlaku saat ini, baik yang dibentuk dengan SK Mendiknas maupun tambahannya melalui SK Rektor Nomor 112/J31/2005 tanggal 10 Maret 2005 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Unit Kerja di Lingkungan UT adalah sebagai berikut.

Keterangan Bagan:

  • BAUK : Biro Administrasi Umum dan Keuangan
  • BAAPM : Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring
  • LPPM : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  • LPBAUSI : Lembaga Pengembangan Bahan Ajar, Ujian, dan Sistem Informasi
  • PPs : Program Pascasarjana*)
  • PPSDM : Pusat Pengembangan Sumber daya Manusia*)
  • Puslata : Pusat Layanan Pustaka
  • Pusmintas : Pusat Jaminan Kualitas
  • PK : Pusat Keilmuan
  • PPM : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat
  • PAU-PPI : Pusat Antar Universitas–Pengembangan dan Peningkatan Instruksional
  • Puslitgasis : Pusat Penelitian Kelembagaan dan Pengembangan Sistem
  • Pusjian : Pusat Pengujian
  • Puskom : Pusat Komputer
  • PPBAC : Pusat Produksi Bahan Ajar Cetak
  • Puslaba : Pusat Layanan Bahan Ajar
  • PPBANC : Pusat Produksi Bahan Ajar Non Cetak
  • UPBJJ : Unit Program Belajar Jarak Jauh

*) Unit ini dibentuk dengan SK Rektor

Jaminan Kualitas

Sejak tahun 2002, Universitas Terbuka (UT) telah mengembangkan sistem jaminan kualitas (SIMINTAS) yang digunakan untuk menjamin kualitas dari seluruh produk maupun kegiatan yang ada di UT. Simintas UT pada awalnya diadopsi dari Asian Association of Open Universities Quality Assurance Frame Work (AAOU QA Frame Work), yang terdiri dari 9 komponen dan 107 poin kebijakan kualitas yang berupa pernyataan praktek baik.

Dalam perjalanan penjaminan kualitas di UT tidak hanya berpaku pada satu sistem, karena dari tahun 2006 UT menerapkan SIMINTAS dengan menggunakan standar ISO 9001:2000 Sistem Manajemen Mutu untuk memastikan bidang –bidang Layanan Bahan Ajar, Pengembangan dan Layanan Bahan Ajar dan Ujian, Layanan Administrasi Akademik, dan Layanan Belajar Jarak Jauh untuk seluruh UPBJJ-UT atau seluruh proses yang dilaksanakan di UT berjalan sesuai dengan standar internasional ISO 9001. UT transisi dari ISO 9001:2000 ke ISO 9001:2008 untuk lingkup Layanan Manajemen Kualitas. Selanjutnya, UT pada tahun 2013 mulai menerapkan SIMINTAS pada lingkup bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh menggantikan Layanan Administrasi Akademik dan Layanan Belajar Jauh. Di samping pada tahun 2015, SIMINTAS bidang Manajemen Akademik mulai diterapkan menggantikan lingkup bidang Pengembangan dan Layanan Bahan Ajar dan Ujian.

Secara akademik, UT juga memastikan bahwa kualitas akademik UT sudah diakui secara nasional dengan mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kualitas UT sebagai penyelenggara pendidikan terbuka jarak jauh (PTTJJ) juga sudah diakui secara internasional dengan diperolehnya pengakuan dari Internasional Council for Distance Education (ICDE) setelah melakukan review kualitas pada tahun 2005, 2010, dan 2015

Setelah sepuluh tahun pelaksanaan Simintas, pada tahun 2012 UT merevisi Simintas UT 2002. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan perkembangan jaman dan teknologi. Revisi dilaksanakan dengan mengintegrasikan seluruh persyaratan standar kualitas yang diharuskan oleh Undang-undang, Peraturan Negara, AAOU QA Statements of Best Practices dan juga dengan Renstra dan Renop UT untuk memenuhi standar kualitas baik nasional (BAN PT) maupun internasional (ISO 9001 dan ICDE).

Simintas UT 2012 masih relevan hingga saat ini menjadi acuan jaminan kualitas yang berupa kebijakan kualitas terintegrasi yang berisi 10 komponen dan 110 poin kebijakan kualitas yang berupa pernyataan praktek baik sebagai berikut.

  1. Kebijakan dan Perencanaan (7 kebijakan)
  2. Sumber Daya Manusia (8 kebijakan)
  3. Manajemen Internal (15 kebijakan)
  4. Mahasiswa dan Profil Mahasiswa (8 kebijakan)
  5. Rancangan dan Pengembangan Program Pendidikan (12 kebijakan)
  6. Rancangan dan Pengembangan Mata Kuliah (11 kebijakan)
  7. Layanan Bantuan Belajar (10 kebijakan)
  8. Prasarana, Media, dan Sumber Belajar (4 kebijakan)
  9. Penilaian dan Evaluasi Mahasiswa (22 kebijakan)
  10. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (13 kebijakan)