UT Berpartisipasi dalam MTQMN XVI Tahun 2019 di Banda Aceh

Banda Aceh – Dalam rangka mengamanahkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan acara akbar  Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI Tahun 2019 dengan mengundang 224 perguruan tinggi negeri dan swasta, serta 14 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) se-Indonesia. MTQMN adalah acara dua tahunan yang merupakan ajang bergengsi perhelatan mahasiswa seluruh Indonesia dalam bidang Al Qur’an. Sebelumnya, MTQMN XV Tahun 2017 diselenggarakan di Malang.

Universitas Terbuka (UT) berpartisipasi dan menyemarakkan acara MTQMN XVI Tahun 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juli – 4 Agustus 2019 di wilayah Universitas Syiah Kuala Lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh. UT mendelegasikan 18 mahasiswa terbaik yang lolos seleksi dari 9 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yaitu UT-Banda Aceh, UT-Medan, UT-Padang, UT-Pekanbaru, UT-Palembang, UT-Bogor, UT-Jember, UT-Samarinda, dan UT-Majene. UT turut serta dalam 10 dari 16 bidang lomba antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz, Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz/Putri, Musabaqah Khaththil Qur’an Golongan Dekorasi, Musabaqah Khaththil Qur’an Golongan Kontemporer, Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris/Beregu Putri, dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer/Beregu Putra.

Tema pada kegiatan ini yaitu “MTQMN sebagai penguat Ukhuwah Islamiyah dalam membentuk Generasi Muda Qur’ani menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur” menjadi salah satu media yang digunakan untuk pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemahaman dan penghayatan terhadap isi dan kandungan Al Qur’an. Acara MTQMN XVI Tahun 2019 resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Prof. Dr. Ismunandar dengan menabuh rapai. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan piala juara umum bergilir dari Rektor Universitas Negeri Malang ke Dirjen Belmawa yang diserahkan ke panitia pelaksanaan MTQMN XVI Tahun 2019.  

Rahmadhani